Berpindah Dari Http Ke Https Perlu Pengetahuan Dasar

Berpindah Dari Http Ke Https Perlu Pengetahuan Dasar

Saat ini banyak blogger yang sudah beralih prosedur dari http ke https ini karena ada sedikit tambahan point untuk keamanan akses dan search engine optimization. meskipun tidak demikian berpengaruh besar pada search engine optimization, tapi dengan memasangkan https kita kelihatan memprioritaskan keamanan pengunjung yang tiba ke situs yang kita urus. Karena lalulintas data di enkripsi ditambah dulu.

Tetapi ada banyak hal yang penting diperhatikan saat sebelum punya niat untuk memakai prosedur https. ini khususnya untuk pemilik website yang sudah mempunyai artikel dengan jumlah yang banyak. Maksudnya untuk menghindar terjadi duplikasi pada content di indeks Google.

Cara implementasi https telah banyak di terangkan oleh beberapa master blogger, pada artikel ini saya coba menerangkan hal basik apa yang penting untuk dilaksanakan saat sebelum mengawali cara peralihan prosedur. Dengan memerhatikan ini di harap Anda bisa mengaplikasikan beberapa langkah apa yang di aplikasikan dalam perpindahan prosedur ini.

Https dan http sebagai 2 prosedur yang lain, hingga bila Anda yang awalnya memakai http dan sudah terindeks di Google dan ingin mengalihkan ke prosedur https karena itu bisa terjadi duplikasi konten. Nach di butuhkan langkah-langkah supaya perpindahan ini dapat jalan sempurna.

1. Pesan Atau Peroleh Provider Yang Sediakan Sertifikat Https.

Untuk memperoleh sertifikat ini kita perlu pesan dari beberapa penyuplai sertifikat yang sudah terkonfirmasi supaya sertifikat dapat pas dengan beragam piranti browser. hingga situs website anda akan aman saat di akses melalui browser yang ada seperti Google krom, lain-lain dan mozila. Sesudah mendapati servis ssl yang diputuskan, seterusnya pasang ssl atau sertifikat itu pada server anda untuk mengaplikasikan prosedur https ini.

Info Source

Ada pula beberapa ssl yang memiliki sifat gratis yang disediakan oleh beberapa penyuplai ssl dan Anda perlu memasangkannya langsung pada server hosting situs anda atau anda dapat membeli sama waktu tertentu dari penyuplai ssl yang terpercaya.

2. Tentukan Opsi Anda Dengan www Atau Tanpa www.

Ini penting bila tidak mau terjadi duplikasi pada indeks saat anda lakukan migrasi dan periode panjang situs website anda. tentukan lah salah satunya dengan tanpa www atau www. Pertanyaan yang mana lebih bagus saya belum memahami di antara dua versus ini. Yang terang saya pilih dengan memakai www anda dapat check pada browser address diatas.

Andaikan kita tidak lakukan seting penyeleksian versus ini Google akan lakukan indeks pada dua versus itu yang dapat mengakibatkan terjadi duplikasi content dan judul. Untuk aplikasinya sendiri anda dapat memakai redirect ke www dan rel canonical sama seperti yang di terangkan pada point - point berikut ini.

3. Mempersiapkan Redirect Permanent Ke Prosedur Baru

Untuk memberitahukan Google jika anda sudah memakai prosedur https anda perlu membuat akses situs di redirect secara tetap ke https. jadi saat di tulis dengan http atau tanpa http pada browser secara automatis situs anda akan di terbuka dengan prosedur https.

Ini memberitahu mesin perayap seperti Google, yahoo dan lain-lain untuk lakukan deindex pada prosedur lama dan mengalihkan ke https. Proses ini dapat berjalan sepanjang berbulan - bulan hingga situs anda keseluruhannya di indeks pada prosedur https.Untuk redirect aplikasikan 301 pada htaccess server anda Untuk code script dapat dicari rekomendasi lain berkenaan bagaimanakah cara menambah script redirect permanent 301 pada file htaccess server hosting Anda.

4. Buat Kanonik Link Pada Url Situs Page.

Rel canonical berperan untuk memberitahu mesin perayap jika page yang terindeks itu memakai link yang di pilih. Hingga mesin perayap tidak kebingungan untuk pilih tipe link yang hendak di index. Apa lagi dalam page dan post situs anda ada beragam macam link.

Ada langkah gampang untuk lakukan seting ini sama seperti yang saya kerjakan yakni dengan memakai plugin Yo*ast. Plugin ini secara automatis membuat link tiap page sudah di pasang rel canonical.

5. Yakinkan Semua Elemen Dalam Situs Website Memakai Https.

Untuk lakukan eksperimen apa ssl betul - betul aman, umumnya bila anda terhubung situs website anda memakai Google krom akan kelihatan tulisan aman pada samping kiri situs address. Nach bila ada warning anda dapat lakukan cross cek sisi yang mana masih memakai prosedur lama.

Kadang java script atau url gambar anda masih memakai prosedur lama, untuk menangani ini anda dapat mengupdate pada url itu dengan arah semua akses yang ada pada situs website anda ada pada https.

6. Buat Property Baru Pada Google Webmaster

Karena mesin perayap Google sebagai mesin perayap terbaik yang sempat ada, pasti traffic dari mesin pencari Google berpotensi pengunjung benar-benar tinggi. Google sudah mempermudah Anda untuk mengawasi dan mendaftar situs Anda pada webmaster. Anda perlu membuat property baru pada Google webmaster dan menambah sitemap versus https anda di search console.

Dengan lengkapi cara ini akan membuat peralihan situs website anda jadi lebih gampang untuk di pantau. Hal itu memberitahukan Google jika website anda beralih dari prosedur http ke prosedur https.

7. Bikinlah Kompres Dan Cache Browser

Prosedur https membutuhkan langkah-langkah dalam mengolah data di antara pemakai dan server karena data akan melalui proses enkripsi ditambah dulu. Ini mengakibatkan pengurangan kecepatan akses bila dibanding saat Anda memakai prosedur http. Nach untuk menangani ini coba kerjakan eksperimen kecepatan situs dengan page speed tes Google.

Kecepatan loading situs saat di akses oleh pemakai dapat di mempercepat dengan lakukan kompres. Anda dapat menambah script kompres dan cache pada file htaccess. Atau lakukan manify pada html dan css yang ada. Untuk triknya dapat memakai manual atau mungkin dengan menambah plugin yang berperan untuk mengecilkan dan atur html anda dan css.

Dengan percepat loading situs saat di akses lewat desktop atau smartphone karena itu rangking situs di mata search engine optimization akan jadi lebih baik. Kerjakan tes speed sesudah anda lakukan implementasi https itu supaya situs website anda masih tetap pada keadaan speed loading yang tinggi.

Hal yang lain perlu diperhatikan selainnya dari beberapa langkah di atas ialah ada plugin atau script iklan yang ada pada prosedur http. Perlu dilaksanakan pengujian lebih dulu apa semua link atau skrip ada pada lajur https. Ini demikian penting ingat bila situs website yang kita urus dipasang iklan dengan link prosedur http, karena itu browser akan memberinya warning jika situs website belum seutuhnya secure.

Membuat situs yang scure akan tingkatkan keyakinan pemakai saat terhubung situs website Anda sekalian menambahkan point search engine optimization meskipun tidak demikian besar. Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa memberinya pengetahuan berkenaan bagaimanakah cara memakai prosedur https. Selamat mudah-mudahan sukses dan coba.

Komentar