15 Panduan Berlibur yang Sederhana dan Harus Kamu Lihat

15 Panduan Berlibur yang Sederhana dan Harus Kamu Lihat

Apa kamu punyai gagasan traveling dalam kurun waktu dekat? Traveling bisa menjadi satu diantara langkah untuk melepas pemikiran sesaat dari kegiatan rutin setiap hari. Selainnya jadi obat depresi dan jemu. Traveling juga juga bisa jadi langkah untuk mendapati jati diri lho. Nach, saat sebelum pergi traveling, sebaiknya kamu lihat banyak hal ini:

1. Tetapkan Agenda Packing, Tidak boleh Minim

Berlibur yang nyaman diawali dari packing yang sempurna. Apabila sudah tentukan tanggal keberangkatan, selekasnya tetapkan waktu untuk packing. Tidak boleh terlampau minim dengan agenda keberangkatan.

Umumnya perlu waktu untuk packing supaya dapat semakin rileks dan tidak ada barang penting yang terlewatkan untuk dibawa. Tentu saja tidak asyik apabila sudah datang pada tempat arah, kamu baru mengetahui ada barang yang ketinggalan karena packing keburu-buru.

2. Buat Daftar Barang Bawaan

Saat packing, bikinlah daftar barang apa yang hendak dibawa. Catat di buku atau catatan di handphone supaya tidak gampang lenyap. Jika kebingungan, kamu dapat cari contoh barang apa yang perlu dibawa di internet. Kamu juga bisa menanyakan ke rekan yang pernah ke detinasi arah yang sama. Minta anjuran apa yang penting dan tak perlu untuk dibawa.

3. Membawa Barang Sama sesuai Tujuan

Ingat-ingatlah untuk selalu bawa barang dan kepentingan sesuai tujuan. Jika ada barang yang belum dipunyai, kamu dapat beli dulu atau pinjam punya teman. Misalkan kamu ingin berlibur ke Eropa di saat musim dingin, tidak boleh tunda untuk beli jaket yang tebal. Lihat masalah steker listrik di negara arah. Jika berbeda, maknanya kamu harus membeli steker universal alias converter.

4. Ingat Ketentuan Zat Cair 100 Ml

Bila merencanakan naik pesawat tetapi ingin bawa toiletries ke kabin, seharusnya persiapkan dalam paket 100 ml. Benda cair seperti minyak wangi, lotion, sabun, dan peralatan mandi yang lain bisa dibawa ke kabin selama tidak lebih dari 100 ml. Dengan bawa barang itu sesuai ketetapan yang ada, kamu semakin lebih cepat melalui proses pengecekan di bandara.

5. Langkah Tepat Memasukkan Barang ke Koper

Packing ada seninya. Gulunglah pakaian dan celana, ini semakin lebih efektif daripada sekedar ditumpuk. Tehnik melipat pakaian selang-seling dengan pakaian lain, menjadi alternative selainnya digulung, supaya tidak kusut. Barang yang paling paling akhir diperlukan ada pada bagian bawah ransel atau koper.

Dan barang yang paling diperlukan ada pada bagian atas ransel atau koper. Gunakan ruangan kosong di koper untuk menyisipkan benda kecil, atau saran benda kecil ke sepatu dan barang yang lain berongga. Periksa kembali daftar barang supaya tidak ada yang terlupa. Tidak boleh simpan barang bernilai di koper atau ransel yang masuk ke bagasi pesawat.

6. Simpan Makanan di Sisi Atas Tas

Seringkali pelancong bawa makanan saat perjalanan panjang ke arah tujuan berlibur. Jika ingin bawa makanan di ransel atau tas tenteng yang tidak masuk bagasi, tempatkan pada bagian atas supaya gampang diambil. Jadi saat lapar dan ingin makan camilan, kamu tidak pakai repot membedah seisi tas cuman untuk ambil makanan. Lebih mengirit waktu dan tenaga.

7. Membawa Tas Kosong Untuk Cadangan

Buat pelancong yang hoby berbelanja, persiapkan sekurang-kurangnya sebuah tas kosong. Tas akan bermanfaat untuk bawa barang belanjaan yang tidak muat kembali ditempatkan dalam tas utama. Seharusnya tas cadangan ini memiliki ukuran besar tetapi berbahan fleksibel, hingga dapat dilipat jadi gampang dibawa dan kecil.

Selainnya untuk barang belanjaan, tas cadangan bermanfaat bila mendadak tas khusus kamu lenyap atau hancur. Kalaulah tidak dipakai sampai akhir perjalanan, kemungkinan ada rekan yang memerlukan dan dapat kamu pinjamkan.

8. Membawa Beberapa obat

Ada peribahasa, sedia payung saat sebelum hujan. Bawa beberapa obat individu saat packing untuk traveling. Kita tidak tahu apa akan sakit atau mungkin tidak saat berlibur.

Oleh karenanya, bawa beberapa obat yang biasa untuk jaga-jaga. Di lokasi yang kita kunjungi, belum pasti beberapa obat yang kita perlukan tersedia. Akan lebih bagus untuk bawa beberapa obat dari rumah. Ya, tidak ada kelirunya untuk jaga-jaga.

9. Atur Itinerary Perjalanan yang Betul

Saat sebelum pergi traveling, ada baiknya kalau membuat itinerary lebih dahulu supaya perjalanan lebih lebih terukur dan efektif. Coba diatur, berapakah lamanya waktu berlibur, dan berapakah tujuan yang dapat didatangi. Tujuan yang bersisihan dapat dihimpun supaya bisa didatangi sekaligus. Atur jalur yang terukur dari 1 tempat ke arah tempat lain dengan berurut supaya tidak bolak-balik.

10. Reminder Waktu Keberangkatan

Saat hari keberangkatan, ialah saat yang penting. Bikinlah reminder di handphone supaya kamu mendapatkan pemberitahuan waktu keberangkatan. Ingat tanggal berapakah kamu pergi, selanjutnya jam berapakah agenda pesawat dan kereta. Dari sana, pertimbangkan benar saat yang diperlukan dari rumah ke arah stasiun kereta atau lapangan terbang.

11. Document Penting, Tidak boleh Lupa!

Paspor, print out reservasi ticket pesawat atau kereta, dan print out reservasi hotel ialah beberapa document penting yang kita harus bawa ketika traveling. Janganlah sampai ketinggal. Oleh karenanya, periksa lagi beberapa dokumen kamu minimum sekali saat sebelum berangkat.

Dibanding telah tiba lapangan terbang atau stasiun kereta selanjutnya justru menyesal karena kelupaan. Jika perlu, mengumpulkan semua document pada sebuah tempat. Taruh di lokasi yang gampang dikenang dan dicapai dalam ransel.

12. Ganti Uang Saat sebelum ke Luar Negeri

Bila kamu traveling ke luar negeri, benar-benar dianjurkan untuk menggantikan rupiah saat sebelum keberangkatan. Walaupun telah ada kartu credit, tetapi uang kontan lokal masih tetap penting untuk pegangan. Tidak dianjurkan bawa rupiah ke luar negeri karena nilai gantinya kecil. Bawa dollar AS atau mata uang negara arah kamu. Apalagi bila menggantikan uang dalam negeri, pelancong dapat mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

13. Tiba Awalnya ke Lapangan terbang atau Stasiun

Lebih bagus tiba awalnya ke lapangan terbang atau stasiun, dibanding terlambat. Waktu dan jarak ke lapangan terbang atau stasiun harus diakui betul. Optimal kamu harus datang 2 jam sebelum waktunya keberangkatan.

Dari sana ditambah dengan waktu pintas dari rumah, resiko macet harus menjadi pemikiran juga. Ujungnya, kamu perlu pergi dari rumah 2-4 jam saat sebelum keberangkatan untuk amannya. Lebih bagus menanti daripada terlambat.

14. Situs Check-in Lebih Ringkas

Bila traveling memakai pesawat, bila bisa saja pastikanlah kamu lakukan situs check-in ditambah dulu. Umumnya nyaris tiap maskapal besar mempunyai jasa situs check-in yang mempermudah traveler. Apabila sudah check-in, tentu saja pelancong semakin lebih rileks.

Tetapi harus diingat, terkadang ada maskapal yang mewajibkan pelancong untuk lakukan situs check-in 2 hari saat sebelum hari H. Pelancong juga harus pahami ketentuan situs check-in dari setiap maskapal yang berbeda.

15. Tidak boleh Terbuai Saat Transit di Lapangan terbang

Beberapa penerbangan mewajibkan kita transit di lapangan terbang saat sebelum meneruskan perjalanan. Kadang, transit juga dapat beberapa saat lamanya. Saat transit, kamu dapat jalan-jalan disekitaran bandara. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, yakinkan dahulu di mana gate keberangkatan kita selanjutnya. Sejauh mana gate itu dapat dilakukan dengan jalan kaki. Dari sana kamu dapat menghitung sampai seberapa jauh kamu dapat menelusuri bandara. Janganlah sampai keasikan main dan nikmati sarana lapangan terbang, membuat kamu jadi lupa boarding ke pesawat.

Komentar