14 Panduan Aman Berlibur Ke Singapura untuk Pertama Kalinya

14 Panduan Aman Berlibur Ke Singapura untuk Pertama Kalinya

Siapakah yang tidak mau liburan ke luar negeri? Sudah pasti nyaris semuanya orang ingin nikmati keelokan dari negara lainnya. Tetapi banyak masalah saat akan liburan ke luar negeri, selainnya mengurusi beberapa surat yang diperlukan anda harus juga sediakan ongkos yang tidak sedikit. Misalkan saja ke Singapura yang sebuah negara cukup populer dengan kemewahannya. Banyak pula orang Indonesia yang liburan ke arah Singapore.

Selainnya mengurusi beberapa surat dan dana yang perlu anda persiapkan, anda pun memerlukan penyiapan psikis dan kesiagaan saat liburan ke Singapura. Apa lagi bila anda berangkatnya seorang diri atau solo traveling, pasti agar lebih waspada. Berikut ada banyak panduan jalanan ke Singapura buat anda yang baru pertama kalinya ke arah negara itu.

1. Yakinkan isi kartu imigrasi

Saat anda akan berangkat ke arah Singapura memakai pesawat terbang umumnya beberapa pramugari atau paramugara yang bekerja akan memberi selembar kartu imigrasi yang perlu anda isi sebagai awalnya perjalanan aman di Singapura. Ada banyak info yang perlu anda isi yang satu diantaranya ialah tempat lokasi tinggal di mana saat di Singapura. Hal itu akan berkaitan dengan pengujian di pos imigras untuk dilihat paspor anda.

Info Source

Bila anda tidak isi kartu imigrasi itu karena itu efeknya akan berhenti saat periode pengujian dan anda harus menanti untuk saat yang cukup lama. Hal itu akan bikin rugi anda karena waktu berlibur harus juga kebuang percuma karena hanya kelalaian anda sendiri.

2. Punyai peta dan edaran

Saat sampai di Bandar Changi International Airport, anda dapat cari tourism international center atau rak-rak yang sediakan beragam jenis edaran dan peta untuk beberapa pelancong yang datang. Hal itu menolong anda mendapati tempat rekreasi di Singapura dan angkutan umum yang bisa anda gunakan. Edaran dan peta itu bisa diambil secara gratis dan cukup menolong dalam perjalanan.

Bukan hanya peta tempat rekreasi tapi ada pula peta lajur MRT yang dapat anda kenali infonya. Umumnya tiap edaran memberi potongan coupon yang dapat dipakai untuk memperoleh harga potongan harga pada beberapa tempat wisata. Hal itu pasti menolong, memberikan keuntungan dan memudahkan anda saat ada di Singapura.

3. Fahami peta tranportasi umum

Bila anda tidak memakai jasa tur guide karena itu anda harus betul-betul pahami peta Singapura. Bukan hanya pahami lokasi tempat rekreasi dan tempat anda bermalam saja, tapi anda harus juga pahami peta angkutan umum di Singapura supaya membuat anda jadi lebih gampang dimanapun anda ingin pergi. Sebagian besar tempat rekreasi dan beberapa tempat makan di Singapura bisa dicapai dengan memakai angkutan umum atau MRT.

Sesudah anda dari Bandar Changi sebaiknya mulai pelajari lajur mana yang hendak diambil dan stasiun MRT mana yang hendak anda pakai untuk tukar kereta. Hal itu memang remeh tetapi penting supaya anda tidak kehilangan salah jalan dan jalan.

4. Membawa perbekalan minum

Selainnya pengetahuan mengenai lokasi tempat rekreasi dan transportasi yang hendak anda pakai, benar-benar juga penting untuk bawa perbekalan minuman. Tahukah anda jika di Singapura harga minumnya lumayan mahal, bila dana anda cukup terbatas sebaiknya untuk bawa perbekalan minum sendiri.

Cukup bawa botol minum saja dari Indonesia, selanjutnya anda dapat isi ulangi air minum gratis yang berada di beberapa titik Lapangan terbang Changi Singapura. Tak perlu berasa malu, karena saat sampai di Lapangan terbang cukup banyak beberapa pelancong yang isi ulangi air minumnya untuk perbekalan dalam perjalanan.

5. Fungsikan toilet

Saat anda akan turun dari pesawat yakinkan untuk memakai sarana toilet sebagus mungkin. Sebagian orang kadang kurang nyaman memakai kamar mandi di pesawat. Memakai toilet saat sebelum mengawali perjalanan ke arah pemondokan dapat anda utamakan, siapa yang tahu rupanya pemondokan anda jauh dari lokasi bandara.

Tetapi yang perlu anda kenali ialah di Singapura nyaris semua memakai toilet duduk dan tidak ada penyemprot airnya. Maka bila anda terlatih memakai toilet basah karena itu seharusnya siap siapkan tisu basah atau bawa satu botol besar air supaya lebih nyaman.

6. Masuk loket imigrasi

Spesialnya orang Indonesia saat liburan di Singapura adalah tak perlu memakai visa, hingga anda bebas tak perlu bayar visa. Apa lagi bila anda tiba ke Singapura memakai lajur udara, karena itu diberi kebebasan tinggal atau liburan di Singapura sepanjang 30 hari. Saat anda ke arah loket imigrasi sebaiknya ikuti tempat pesawat landing dan turut antre, selanjutnya janganlah lupa untuk mempersiapkan document yang dibutuhkan seperti paspor dan kartu imigrasi.

Yakinkan untuk selalu berperangai santun pada petugas imigrasi dan tidak boleh repot dengan handphone anda. Bila disodorkan pertanyaan karena itu jawab dengan santun dan tegas. Bila anda tidak bisa berbahasa Inggris karena itu anda bisa memakai bahasa Indonesia. Poin utama, taruh potongan kartu imigrasi dan janganlah sampai lenyap karena anda akan memerlukannya kembali saat keluar Singapura.

7. Ke arah terminal 2

Sesudah lancar melalui petugas imigrasi seterusnya anda dapat ke arah anda. Bila ke arah pusat perkotaan karena itu ada banyak opsi angkutan umum yang dapat dipakai, misalkan seperti taksi, bis, atau MRT. Anda harus juga memahami jika saat landing di Lapangan terbang karena itu terminalnya bisa jadi berbeda, bergantung dari maskapal penerbangan anda.

Bila anda ingin ke arah stasiun MRT karena itu dapat jalan ikuti panduan arah yang berada di terminal 2. Bila anda landing di terminal 1 atau 3 karena itu dapat memakai kereta monorel yang hendak menyambungkan pada beberapa terminal di Lapangan terbang Changi.

8. Pakai kartu tourist pass

Sebaiknya saat ada di Singapura memakai kartu EZ Link atau Tourst Pass yang ada di lokat pemasaran tiket. Kartu itu sebetulnya sama dengan e-money yang anda perlukan sebagai alat pembayaran dan dipakai benar-benar prakis di Singapura karena capaiannya yang luas. Dengan kartu itu anda dapat bayar angkutan umum dan MRT dengan melekatkannya di dekat mesin scanner. Tidak cuma hanya itu tapi EZ Link bisa juga dipakai untuk vending mechine yang disebut mesin penjual minuman.

Janganlah lupa untuk cari bagaimanakah cara isi ulangi kartu itu supaya tidak kekurangan dan membuat anda jadi lebih repot. Tapi bila anda ingin lebih sederhana karena itu dapat memakai kartu Tourist Pass di mana dapat anda pakai tak perlu isi ulangi sepanjang seharian.

9. Di Stasiun MRT

Bila telah tiba di stasiun MRT karena itu yakinkan pintunya tertutup dengan betul. Lihat secara baik mana pintu yang dipakai untuk masuk dan mana pintu yang dipakai untuk keluar. Anda dapat tempelkan kartu EZ Link atau Tourist Pass pas pada mesin scanner kartu yang hendak membuat pintunya terbuka. Berjalanlah tak perlu keburu- cemas dan buru.

10. Naik tranportasi bis umum

Selainnya MRT anda dapat memakai bis umum untuk mendukung perjalanan anda di Singapura supaya jadi lebih gampang lagi. Bis umum ini melingkari kota, jadi nyaris tiap arah tentu ada busnya. Di Singapura ada dua operator bis yakni SMRT dan SBS transit yang menolong layani ke beragam jenis pelosok kota.

Karena itu saat sebelum naik sebaiknya anda telah mempunyai kartu pembayaran yang sah. Ada banyak bis yang dibolehkan bayar dengan tunai, sehingga anda dapat mempersiapkan uang tunai. Yakinkan untuk bayar dengan uang cocok, karena bis di Singapura tidak mempunyai kenek seperti pada Indonesia, hingga tidak bisa menolong pengembalian uang anda

11. Naik taksi

Bila anda ingin lebih gampang mencapai beberapa tempat tak perlu takut salah jalan serta lebih gampang karena itu dapat memakai taksi. Tetapi perlu anda kenali jika taksi sebagai tranportasi umum yang termasuk cukuplah mahal di Singapura.

Bila anda pergi dengan uang yang ngepas sebaiknya tak perlu naiki taksi. Tapi bila anda berasa jika uang anda masih lumayan karena itu naiklah taksi di tempat penghentian taksi yang telah ditetapkan. Karena anda tidak dapat menghentikan taksi sesenang hati anda. Saat akan turun akan di turunkan di lokasi yang telah tersedia. Memakai taksi di Singapura memang lebih mudah.

12. Pemondokan

Untuk tempat pemondokan yang berada di Singapura sebaiknya mencari pemondokan yang aksesnya dekat sama tranportasi umum seperti bis, MRT, atau taksi. Hal itu akan mempermudah anda untuk dapat mencapai beberapa tujuan rekreasi tak perlu jalan kaki terlampau jauh.

Tapi untuk anda yang menyukai sekali belanja karena itu dapat cari pemondokan di sekitar Orchard karena cukup taktiks. Tapi buat anda yang mempunyai bujet sedikit karena itu dapat bermalam di Little India atau Lavender di mana pemondokan itu ongkosnya termasuk murah. Sebetulnya banyak guest house yang dapat anda tentukan saat ada di Singapura, tapi yakinkan anda memesan jauh-beberapa hari saat sebelum anda pergi supaya tidak kekurangan kamar.

13. Taati ketentuan yang ada

Bila di Negara sendiri anda harus taat pada ketentuan yang dibikin, karena itu saat ada di Negara seseorang yakinkan hal itu berlaku. Di Singapura hukum dan ancaman betul-betul diterapkan dengan baik. Anda bisa jadi terserang denda yang berat bila tidak patuhi hukum yang berlaku. Banyak CCTV di segala penjuru kota yang mengawasi anda.

Sebaiknya menjaga sikap dan tidak boleh membuat permasalahan, yakinkan selalu untuk jaga keamanan anda dan kebersihan. Larangan yang sering dilanggar ialah kunyah permen karet dan buang sisanya asal-asalan, selanjutnya ada pula meludah asal-asalan dilarang. Banyak hal remeh harus betul-betul anda menjaga supaya tidak terserang denda yang berat dan memiliki masalah di Negara asing.

14. Minuman dan makanan halal

Singapura berlainan dengan Negara Indonesia, ada banyak makanan yang tidak halal. Bila anda seorang muslim karena itu dapat cari makanan halal dengan memerhatikan secara benar tempat beli makanan itu. Bila anda beli makanan Chinese food karena itu yakinkan ada tulisan no pork no lard. Tapi bila tidak ada tulisan itu sebaiknya cari warung makanan yang lainnya. Memang seharusnya extra sabar saat cari makanan di Negara asing di mana warga muslim lebih sedikit.

Beberapa panduan berlibur di Singapura itu dapat anda pakai sebagai pegangan saat pertama kalinya bertandang di Negara Singapura. Yakinkan selalu untuk berhati-hati dan siaga barang bawaan anda yang berharga. Mudah-mudahan terima kasih dan berguna.

Komentar