11 Gagasan Usaha Freelance Tanpa Modal Tetapi Pendapatannya Besar, Tertarik?

11 Gagasan Usaha Freelance Tanpa Modal Tetapi Pendapatannya Besar, Tertarik?

Siapakah yang tidak mau punyai usaha tanpa modal? Tentu saja semuanya orang ingin memulai usaha mode itu walau cuman untuk usaha sambilan atau rumahan saja. Tapi, apa betul ada usaha tanpa modal? Kita akan mencari jawabnya di bawah ini.

Semua usaha tentu saja memerlukan modal pada awal saat kamu ingin mengawalinya. Kecil atau besar modal usaha, bergantung bagaimana kamu yang ingin jalaninya. Usaha sambilan pasti memerlukan modal yang lebih kecil dibanding usaha khusus yang diseriuskan.

Tapi ada pula beberapa usaha yang tidak memerlukan modal uang serupiahpun. Yang diperlukan hanya kemampuan, kekuatan, dan tekad dalam menjalankannya. Usaha apa itu? Satu diantaranya ialah jadi seorang freelance, berikut 11 usaha freelance tanpa modal yang dapat kamu coba sekarang ini.

1. Freelance Video Editor

Kalau kamu seorang mahasiswa jalur DKV, Multimedia, atau bekerja di bagian pembikinan konten, tentunya kamu akrab dengan software ubah video. Kekuatan ini dapat kamu alirkan jadi usaha yang menjadi pendapatan tambahan, lho.

Info Source

Yakni dengan buka freelance video editor online. Sekarang ini, beberapa orang seperti moment organizer, konten creator, bahkan juga beberapa perusahaan besar yang cari freelance editor untuk video produk atau isinya.

Tanpa perlu bertatap muka dengan client, kamu dapat memperoleh bayaran yang lumayan besar dalam 1x koreksi. Apa lagi bila kamu mempunyai kemampuan di bagian animasi. Minimal satu video animasi dengan durasi waktu di bawah lima menit dapat dipandang beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus dollar.

2. Penerjemah Film dan Document

Selanjutnya buat kamu yang kuasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, dan yang lain, kamu bisa juga buka usaha penerjemah film atau document. Sekarang, beberapa orang baik dari luar atau dalam negeri yang memerlukan penerjemah beberapa film documenter, film pendek, bahkan juga box office supaya bisa dipahami beberapa orang.

Cukup banyak juga perusahaan luar negeri yang memerlukan penerjemah bahasa wilayah seperti bahasa sunda, Jawa, Bali, sampai bahasa wilayah Kalimantan untuk menterjemahkan film dan document-nya. Beberapa web seperti Fiverr dan Sribulancer memberikan fasilitas beberapa freelance translator. Kamu dapat check di web dan komunitas freelancer untuk informasi selanjutnya.

3. Freelance Voice Over dan Dubber

Masih terkait dengan usaha tanpa modal yang ditangani secara digital, ada juga freelance voice over dan dubber yang dapat kamu lalui di dalam rumah. Sesuai namanya, kamu bisa menjadi seorang pengisi suara baik dari animasi, video promo atau video produk.

Kamu pun tidak terpatok cuman isi suara dengan bahasa Indonesia saja. Bila kamu memperoleh client di luar negeri, karena itu kamu perlu isi suara dalam bahasa Inggris atau bahasa yang disuruh oleh client.

Modal menjadi freelace voice over hanya kemampuan kamu dalam bicara yang terang dengan bahasa Indonesia atau bahasa asing.

4. Dropshiper

Selanjutnya ada usaha tanpa modal yang dapat kamu lalui di HP yakni jadi dropshiper. Sebagian dari kamu kemungkinan sudah mengetahui jika dropshiper ialah usaha berjualan online tanpa perlu lakukan stock barang atau packaging.

Yang penting kamu kerjakan hanya cari mitra atau bekerja bersama dengan online shop dan kamu menemukan pembelinya. Saat ada konsumen, kamu tinggal memberitahukan ke pemilik toko supaya mengirimi barangnya.

Kamu akan memperoleh komisi dari setiap barang yang kamu jual pada harga sendiri. Misalkan harga di penjual aslinya Rp.100 ribu, dan kamu menjualnya Rp.110 ribu. Kamu akan memperoleh keuntungan Rp.10 ribu di tiap transaksi bisnis. Cukup kan? Apa lagi kamu tak perlu ribet lakukan stock barang, packaging atau mengirimi barangnya ke pengantar.

5. Freelance Design Grafis

Bila kamu mempunyai kemampuan dalam menggambar atau membuat suatu design, karena itu kamu dapat membuat usaha tanpa modal hasil berlimpah dengan jadi seorang freelance design grafis. Sama seperti yang kita tahu, design grafis sebagai salah satunya tugas dengan pendapatan paling besar.

Disamping itu karena jadi usaha freelance, kamu dapat kerjakan tugas kamu dimanapun serta kapan pun seperti yang kamu ingin. Selama tidak melalui deadline yang telah ditetapkan oleh client.

Menjadi freelance design grafis kamu dapat mempublikasikan protofolio kamu di situs-situs freelancer, baik dalam negeri atau di luar negeri. Hingga kamu dapat memperoleh semakin banyak konsumen setia.

6. Buka Les Private Online atau Rumahan

Usaha tanpa modal yang selanjutnya ialah buka les private online atau rumahan. Tentu saja kamu memerlukan pengetahuan tentang yang ingin kamu sampaikan ke siswa didik kamu nanti.

Buka les private benar-benar pas buat kamu beberapa guru, dosen, atau tenaga pendidik lainnya. Tapi kalau kamu kurang memahami dalam pengajaran resmi, kamu bisa juga buka les private music, seni, ketrampilan, dan sebagainya.

Untuk les private online, umumnya kamu perlu merekam lebih dulu keterangan dari hal yang ingin kamu sampaikan. Selanjutnya hasil rekamannya dikirim ke siswa didik kamu supaya mereka dapat belajar lewat cara online tanpa perlu berjumpa.

7. Usaha Barang Preloved

Jual barang preloved dapat menjadi usaha tanpa modal dan tanpa risiko yang dapat kamu lalui. Ingat saat ini lebih banyak beberapa barang preloved, terutamanya pakaian, yang dipasarkan pada harga miring dan keadaan pakaian yang bagus.

Triknya dengan memotret barang atau pakaian yang ingin kamu jual. Selanjutnya, posting pakaian itu ke online shop atau sosial media supaya bisa disaksikan beberapa orang. Bila ada orang yang tertarik, baru kamu beli barang itu dan menjualnya kembali lagi ke konsumen itu.

Tetapi, pastikanlah kamu telah ijin dan memberitahu si penjual jika kamu akan jual barang itu kembali. Ini dilaksanakan supaya barang sasaran kamu tidak terburu dibeli konsumen lain dari penjual pertama.

8. Jasa Penulisan dan Softcopy

Bila kamu seorang mahasiswa atau tinggal di wilayah universitas yang banyak mahasiswa, buka jasa penulisan dan softcopy menjadi usaha tanpa modal yang paling memberikan keuntungan. Karena ada beberapa mahasiswa yang memerlukan jasa kamu baik pada menulis jurnal, pekerjaan, bahkan juga skripsi.

Disamping itu, beberapa dosen memerlukan jasa pengetikan ulangi dari hardcopy yang telah diciptakan jadi softcopy berbentuk file digital. Hingga, peluang semacam ini jangan kamu terlewat.

Harga satu helai penulisan bermacam. Dimulai dari Rp.2.500,- sampai Rp.5.000,- per helainya.

9. Makelar Otomotif

Usaha tanpa modal yang paling akhir ialah jadi makelar otomotif. Usaha yang ini mempunyai langkah kerja yang serupa dengan jual barang preloved. Yakni dengan memotret motor atau mobil orang yang lain ingin dipasarkan.

Selanjutnya kamu mempublikasikannya di media sosial untuk di iklankan supaya bisa disaksikan oleh banya orang. Bila ada yang tertarik, kamu dapat mengontak si penjual pertama atau kamu memasangkan harga sendiri yang telah terhitung komisi.

10. Partner Media Digital

Bila kamu memang hoby menulis dan mempunyai kekuatan dalam membuat kata-kata yang bagus, kamu menjadi seorang konten writter di beberapa media online. Banyak beberapa media atau website yang memerlukan jasa konten writter untuk isi beberapa artikel di web mereka.

Bila kamu tertarik jadi konten writter, kamu dapat tergabung di situs-situs dan komunitas freelance, kamu bisa juga tawarkan ke pemilik web untuk isi beberapa konten artikel di web mereka.

11. Kemampuan Computer

Perubahan tehnologi memaksakan keinginan dan keperluan di bagian ini bertambah cepat. Bila kamu mempunyai kemampuan dalam sektor computer, misalkan, komposisi server, programming, jaringan computer, membuat program, membuat web, instal ulangi computer, dan sebagainya.

Kamu dapat tawarkan kemampuan itu ke beberapa orang yang memerlukan. Tentu saja ini menjadi tugas sambilan dengan penghasilan yang cukup untuk kamu yang menyukai utak-atik computer.

Itu 11 gagasan usaha freelance tanpa modal yang dapat kamu lalui. Rupanya, usaha tanpa modal uang betul-betul dapat dilaksanakan. Yang paling penting ialah kamu mempunyai tekad dan kemampuan saat menjalankan usaha yang ingin kamu lalui.

Komentar