38 Jenis Aglaonema Dan Perawatannya Yang Paling Banyak Dicari

38 Jenis Aglaonema Dan Perawatannya Yang Paling Banyak Dicari

jenis-Aglaonema-1

Mengoleksi tanaman hias daun selama masa pandemi ini semakin meningkat, khususnya jenis Aglaonema. Tanaman hias daun ini juga dikenal dengan nama Sri Rejeki. Tanaman ini memiliki daun memiliki warna yang bervariasi.

Selain warna, jenis Aglaonema juga memiliki corak tertentu dengan variasi ukuran daun yang berbeda satu dengan lainnya. Harganya pun dibandrol dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah loh baik di pasar konvensional maupun market online.

Di indonesia banyak sekali jenis Aglaonema dan perawatannya sangat mudah dan simple. Itu mengapa tanaman ini memiliki banyak penggemar saat ini.

Artikel ini kami akan membahas “38 Jenis Aglaonema Dan Perawatannya Yang Paling Banyak Dicari” saat ini.

Akan tetapi, sebelum itu kami akan mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman hias daun jenis Aglaonema ini.

jenis-Aglaonema

Apa yang disebut dengan tanaman aglaonema?

Tanaman Aglaonema, sri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias daun populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Saat ini jenis tanaman Aglaonema ini memiliki lebih dari 30 spesies.

Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada daerah dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Tanaman-Aglaonema

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami.

Tanaman-Aglaonema-1

Asal-Usul Tanaman Hias Daun Aglaonema

Nama tanaman hias daun aglaonema sendiri berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari kata "aglaos" dan nema atau nematos yang memiliki arti terang atau mengkilap.

Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa tanaman hias daun aglaonema ini pertama kali dibudidayakan di China. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah lama mengenal tanaman ini dengan nama sri rejeki.

Tanaman-Hias-Daun-Aglaonema

Aglaonema alam adalah aglaonema yang asli dan bukan hasil dari persilangan. Tanaman ini memiliki ciri warna daun yang dominan hijau dengan kombinasi warna putih.

Lalu, tanaman ini mulai populer ketika seorang ahli botani, Gregori Garnadi Hambali, melakukan persilangan antara spesies Aglaonema rotundum dengan Aglaonema commutatum.

Aglaonema rotundum sendiri adalah spesies aglaonema asal Sumatera. Sedangkan Aglaonema commutatum merupakan spesies asal Filipina. Hasil persilangan kedua spesies ini menghasilkan corak warna kemerahan dan dikenal dengan nama “Pride of Sumatera”.

Tanaman-Hias-Daun-Aglaonema-1

Mudahnya Merawat Tanaman Jenis Aglaonema

Bukan hanya bentuk dan corak warna daunnya saja yang membuat jenis aglaonema ini banyak digemari orang. Jenis Aglaonema termasuk tanaman hias daun yang sangat mudah dalam proses perawatannya.

Tanaman jenis Aglaonema dapat hidup dengan kondisi yang minim akan sinar matahari. Kebutuhan air pun juga tidak perlu terlalu banyak. Hal inilah yang membuat tanaman ini cocok dijadikan tanaman penghias ruangan.

Merawat-Tanaman-Jenis-Aglaonema

Tanaman jenis Aglaonema bisa bertahan hidup dengan kondisi yang minim akan sinar matahari dikarenakan jenis akar yang dimilikinya adalah akar serabut. Sehingga, aglaonema dapat menyimpan zat hara yang lebih banyak.

Merawat-Tanaman-Jenis-Aglaonema-1

Namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua jenis aglaonema bisa bertahan dengan kondisi minim sinar matahari. Kalian harus mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis aglaonema mana saja yang bisa disimpan di dalam ruangan.

Pada artikel ini akan kami jelaskan dengan detail setiap jenis Aglaonema yang ada di indonesia.

38 Jenis Aglaonema Yang Paling Banyak Dicari Di Indonesia

38-jenis-Aglaonema

Berikut adalah 38 Jenis Aglaonema yang ada di indonesia dengan penjelasan detailnya dari perawatan, harga hingga bagaimana cara memperbanyak tanaman tersebut.

Silahkan dibaca satu persatu hingga kalian bisa memilih jenis - jenis aglaonema apa yang ingin dirawat dan dibeli untuk menghias rumah kalian masing - masing:

Komentar