Aglaonema Adelia, Tanaman Hias Daun Hits Yang Paling Dicari

Aglaonema Adelia, Tanaman Hias Daun Hits Yang Paling Dicari

Aglaonema Adelia merupakan salah satu tanaman hias daun yang menjadi favorit ibu - ibu saat ini untuk menghiasi rumahnya.

Banyak dari mereka yang rela mengeluarkan kocek lebih banyak untuk mendapatkan jenis Aglaonema Adelia ini untuk menjadi salah satu koleksinya. Dengan segala keindahan warna dan bentuk daunnya, tanaman hias daun ini mampu menjadi pusat perhatian banyak orang.

Warna daun tanaman ini sangatlah mencolok dan memanjakan mata yang melihatnya. Sedangkan urat daunnya sendiri begitu unik berwarna merah dan menyebar ke seluruh bagian daunnya disertai bercak - bercak corak berwarna hijau.

Tidak heran jika tanaman hias daun satu ini memiliki peminat yang sangat tinggi di pasaran.

Aglaonema-Adelia

Sejarah Tanaman Aglaonema adelia

Sejarah-Tanaman-Aglaonema-adelia

Apakah kalian tahu jika tanaman aglaonema adelia ternyata merupakan hasil dari persilangan antara aglaonema varian rotundum dengan varian commutatum?

Tanaman aglaonema adelia pertama kali ditemukan di negara Filipina dan namanya itu sendiri berasal dari nama penemunya itu sendiri yang bernama  Adelia Angeles. Beliau adalah seorang kolektor tanaman hias yang sangat tergila - gila untuk menemukan berbagai jenis tanaman hias yang indah dan baru dari hasil kawin silang antar tanaman hias tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri tanaman aglaonema adelia ini dibudidayakan pertama kalinya oleh Greg Hambali, seorang peAndini tanaman hias yang juga menjadi ahli kultur jaringan untuk berbagai jenis tanaman.

Pertama kali diperkenalkan di pasaran sekitar tahun 2000 an. Saat itu harganya masih sangat mahal karena ditentukan dan dihitung berdasarkan jumlah daunnya.

Sejarah-Tanaman-Aglaonema-adelia

Dengan segala keunikan yang dimiliki, saat ini  aglaonema adelia dihargai rata - rata sekitar Rp 70 Rb hingga Rp 1,5 juta.

Semua jenis tanaman aglaonema memiliki sebuah ciri khas dan keunikannya masing - masing termasuk aglaonema adelia itu sendiri. Kita dapat mudah saat mengenali beragam ciri - ciri khasnya berikut ini:

Keunikan Dan Keindahan Warna Daun Aglonema Adelia

Ciri khas warna daun Aglonema Adelia adalah merah menyala. Dengan Warna yang begitu indah mampu menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

Keunikan-Dan-Keindahan-Warna-Daun-Aglonema-Adelia Keunikan-Dan-Keindahan-Warna-Daun-Aglonema-Adelia

Berikut adalah beberapa ciri - ciri keunikan dan keindahan warna daun Aglonema Adelia yang banyak menjadi favorit banyak orang:

  • Terdapat bercak atau garis tipis yang tidak rata pada permukaan daun dengan kombinasi berwarna hijau. Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 30 cm saat berumur dewasa dan berwana dominan merah.
  • memiliki urat daun yang berwarna merah muda dan paling terangnya warnanya pada bagian tengah atau tulang daunnya.
  • Karena tanaman ini merupakan hasil persilangan, maka warna yang dimiliki bisa berubah seiring bertambahnya umur tanaman. Di umur yang masih muda warna yang dimiliki adalah merah pekat yang berpadu dengan pink serta bercak hijau. Semakin tua warnanya berubah menjadi semakin merah dan warna daunnya menjadi lebih mengkilat lagi.
  • Dengan banyaknya varian ini yang dikawin silang, di pasaran saat ini terdapat tanaman aglaonema adelia yang berwarna dominan hijau tua dengan bercak warna pink serta kuning, bahkan ada yang tulang daunnya berwarna merah menyala dan tangkainya berwarna pink ataupun merah.
  • Melihat bertambahnya varian warnanya, kalian dapat dengan mudah untuk mengenali jenis tanaman ini dengan melihat warna tulang daunnya yang akan selalu berwarna merah menyala.

Melihat Uniknya Bentuk Daun Aglaonema Adelia

  • Bentuk daun Aglaonema Adelia sangat mirip seperti mangkok, oval serta menjulang ke atas. Bentuk daun Aglaonema Adelia juga lebar dan tebal dimana bagian tulang daunnya kelihatan sangat jelas dengan ujung daun yang runcing.
  • Saat sudah dewasa, tanaman ini bisa memiliki lebih dari 10 daun yang tersusun rapi serta rapat. Itu mengapa Aglaonema Adelia yang tumbuh sehat terlihat sangat rimbun dan saat dipandang sangat menyegarkan mata kita.
  • Perlu kalian ketahui bentuk daun Aglaonema Adelia ini akan menjadi semakin lebar dan tebal permukaannya seiring umur tanaman, begitupun dengan bentuk ovalnya. 
Melihat-Uniknya-Bentuk-Daun-Aglaonema-Adelia
  • Untuk menambah keindahan Aglaonema Adelia kalian, jagalah kebersihan daunnya secara rutin. Kalian bisa membersihkan daunnya menggunakan spon basah dengan menggosoknya secara perlahan. Ini akan membuat permukaan daun menjadi terlihat makin bersih dan mengkilat.
  • Bagi kalian yang ingin membudidayakan tanaman ini, bisa dilakukan saat tanaman memiliki minimal 5 lembar daun serta sudah berakar kuat.
  • Untuk proses budidayanya cukup dengan teknik yang sederhana yaitu memakai proses stek yaitu daunnya diambil indukannya kemudian ditanam. 
  • Satu tips untuk kalian peAndini tanaman Aglaonema Adelia dalam meningkatkan kualitas corak daun, warna maupun kesuburannya adalah dengan menjaga dosis dari penggunaan pupuk yang tepat.
Melihat-Uniknya-Bentuk-Daun-Aglaonema-Adelia

Berapa harga aglonema Adelia?

Aglaonema Adelia banyak dijual secara online saat ini. Dari hasil pendataan yang kami lakukan, pasaran harga Aglaonema Adelia di market online berkisar antara Rp 70 Rb hingga Rp 500 Rb.

Bahkan ada harga Aglaonema Adelia yang pernah memenangi kontes hingga jutaan rupiah loh!

Perbedaan harga Aglaonema Adelia di pasaran tersebut bergantung daripada besar daun tanaman, jumlah daun tanaman, serta umur dari tanaman tersebut.

Semakin dewasa, semakin mahal harganya. Dengan motif yang jelas dan unik juga dapat mendongkrak harga nya semakin mahal.

Berapa-harga-aglonema-Adelia

Berikut adalah beberapa daftar harga rata-rata dari Aglaonema Adelia lainnya :

  • Harga Bibit nya saja berkisar Rp 70 Ribu hingga Rp 150 Ribu.
  • Harga tanaman muda sekitar Rp 100 Ribu hingga Rp 250 Ribu.
  • Untuk tanaman yang berumur dewasa berkisar diantara Rp 200 Ribu – Rp 350 Ribu.
  • Harga tanaman yang berukuran jumbo serta berdaun rimbun biasanya dimulai dari Rp 450 ribu.
  • Untuk Aglaonema Adelia berukuran jumbo induk dan sudah pernah menang dalam kontes harganya dimulai dari Rp 1.500.000.
Berapa-harga-aglonema-Adelia

Bagaimana Cara Memilih Tempat Merawat Aglaonema Adelia?

Bagaimana-Cara-Memilih-Tempat-Merawat-Aglaonema-Adelia

Aglaonema Adelia merupakan tanaman yang memiliki karakter khusus yang peka dengan sinar matahari. Untuk itu kalian harus memperhatikan tempat merawat Aglaonema Adelia tersebut.

Ada beberapa pilihan tempat merawat Aglaonema Adelia ini agar dapat tumbuh dengan baik dan subur. silahkan sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal kalian masing - masing ya. berikut adalah pilihannya:

Halaman Rumah

kalian  dapat meletakkan tanaman ini di halaman rumah kalian akan tetapi jangan terpapar sinar matahari langsung ya. Jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama maka akan membuat daun tanaman menjadi kering dan tidak enak lagi untuk dilihat.

Pilih halaman rumah yang teduh dibawah atap atau dibawah pepohonan rimbun yang memiliki paparan sinar matahari yang tidak begitu berlebihan.

Di Dalam Rumah

Tahukah kalian jika tanaman Aglaonema Adelia ini selain menjadi penghias, bisa juga menyerap polusi rumah tangga yang memberikan udara yang lebih segar.

Itulah kenapa tanaman ini bagus untuk di tempatkan di dalam rumah. Tempatkan di dalam ruangan bercat putih atau terang sehingga membuat warna merah yang indah dari daunnya terpancar dengan maksimal.

Rooftop

Bagi kalian yang tinggal di perkotaan dengan terbatasnya ruang yang dimiliki, rooftop merupakan solusinya. Kalian bisa menempatkan Adelia ini disana.

Namun pastikan rooftop kalian sudah diberi atap UV atau pelindung lainnya untuk mengurangi panas dan cahaya dari sinar matahari tersebut.

Demikianlah penjelasan soal Aglaonema Adelia, tanaman hias daun hits yang paling dicari saat ini, dan semoga bermanfaat ya.

Untuk informasi jenis Aglaonema lainnya yang tidak kalah menarik, silahkan dibaca artikel kami selanjutnya dibawah ini.

Komentar